MANFAAT ARSITEKTUR KOMPUTER



MANFAAT ARSITEKTUR KOMPUTER

Disusun untuk memenuhi tugas matakuliah:
ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER
Dosen Pengampu: Anwari, S.Kom, MT.





Description: D:\kumpulan LOGO\Copy of UIM.png


DISUSUN OLEH:
1.    ABD WAFI                                       /064
2.    MEGA WATI                                   /067
3.    AHMAD SHOHIAB ASY’ARI      /065







FAKULTAS TEKNIK
 JURUSAN TEKNOLOGI INFORMATIKA
UNIVERSITAS ISLAM MADURA (UIM)
PAMEKASAN
2018

KATA PENGANTAR


Syukur  alhamdulillah penulis panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya kepada penulis sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul:
“Manfaat arsitektur komputer”

Penulis menyadari bahwa keberhasilan penulisan makalah ini tidak terlepas dari bantuan semua pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini.
Dalam penulisan makalah ini  penulis juga menyadari bahwa terdapat banyak kekurangan. Untuk itu saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan dari pembaca agar kami dapat  memberikan yang lebih baik untuk yang selanjutnya. Semoga Makalah ini dapat memberi manfaat yang berkelanjutan bagi pembaca ataupun penulis.



                                                                        Pamekasan,  21 Oktober 2018           
                       
                        Penulis,


KELOMPOK








DAFTAR  ISI



BAB 1               
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang

Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan sesuai dengan perkembangan zaman dan cara berpikir manusia, terutama dalam bidang informasi, komunikasi dan bidang komputerisasi. Untuk itu kami penulis berkeinginan untuk meningkatkan SDM agar menjadi lebih bermanfaat di era globalisasi.
Kemudian untuk mewujudkan hal itu, kami membuat makalah ini sebagai tugas mata kuliah yang diberikan oleh Dosen Pembimbing, sekaligus sebagai bahan pembelajaran dan acuan mahasiswa untuk belajar. Dalam hal ini kami akan menyusun Materi  mata kuliah Arsitektur komputer

1.2         Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah berdasarkan latar belakang diatas adalah sebagai berikut:
1.      Apakah yang dimaksud dengan pengertian Arsitektur komputer?
2.      Sebutkan Tingkatan dalam Arsitektur Komputer ?
3.      Sebutkan manfaat Arsitektur Komputer?

1.3         Tujuan Penulisan

Adapun tujuan penulisan berdasarkan rumusan masalah diatas adalah
1.      Untuk mengetahui tentang pengertian Arsitektur komputer
2.      Untuk mengetahui tentang Arsitektur Komputer
3.      Untuk mengetahui tentang manfaat Arsitektur Komputer


4.       

BAB 2               
PEMBAHASAN


2.1         Pengertian Arsitektur Komputer

Arsitektur disini dapat didefinisikan sebagai gaya konstruksi dan organisasi dari komponen-komponen sistem komputer. Walaupun elemen-elemen dasar komputer pada hakekatnya sama atau hampir semuanya komputer digital, namun terdapat variasi dalam konstruksinya yang merefleksikan cara penggunaan komputer yang berbeda.
Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoprasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak biru dan dekskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain kecepatan proses dan sistem interkoneksinya.

2.2         Tingkatan Dalam Arsitektur Komputer

Ada sejumlah tingkatan dalam konstruksi dan organisasi sistem komputer. Perbedaan paling sederhana diantara tingkatan tersebut adalah perbedaan antara hardware dan software.
1.      Tingkatan Dasar Arsitektur Komputer
Pada tingkatan ini Hardware sebagai tingkatan komputer yang paling bawah dan paling dasar, dimana pada hardware ini “layer” software ditambahkan. Software tersebut berada di atas hardware, menggunakannya dan mengontrolnya. Hardarwe ini mendukung software dengan memberikan atau menyediakan operasi yang diperlukan software.
2.    Multilayerd Machine
Tingkatan dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan dengan memandang sistem komputer keseluruhan sebagai “multilayered machine” yang terdiri dari beberapa layer software di atas beberapa layer hardware.
Berikut tingkatan layer tersebut :
7.
6.
5.

SOFTWARE LEVEL
Applications Layer
Higher Order Software Layer
Operating System Layer
4.
3.
2.
1.

HARDWARE LEVEL
Machine Layer
Microprogrammed Layer
Digital Logic Layer
Physical Device Layer

Keterangan :
1.      Physical  Device Layer
Merupakan komponen elektrik dan elektronik yang sangat penting.
2.      Digital Logic Layer
Elemen pada tingkatan ini dapat menyimpan,memanipulasi, dan mentransmisi data dalam bentuk represeotasi biner sederhana.
3.      Microprogrammed Layer
Menginterprestasikan instruksi bahasa mesin dari layer mesin dan secaa langsung menyebabkan elemen logika digital menjalankan operasi yang dikehendaki. Maka sebenarnya ia adalah prosesor inner yang sangat mendasar dan dikendalikan oleh instruksi program kontrol primitifnya sendiri  yang disangga dalam ROM innernya sendiri. Instruksi program ini disebut mikrokode dan program kontrolnya disebut mikroprogram.
4.      Machine Layer
Adalah tingkatam yang paling bawah dimana program dapat dituliskan dan memang hanya instruksi  bahasa mesin yang dapat diinterprestasikan secara langsung oleh hardware.
5.      Operating System Layer
Mengontrol cara yang dilakukan oleh semua software dalam menggunakan hardware yang mendasari (underlying) dan juga menyembunyikan kompleksitas hardware dari software lain dengan cara memberikan fasilitasnya sendiri yang memungkinkan software menggunakan hardware tersebut secara lebih mudah.
6.      Higher Order Software Layer
Mencakup semua program dalam bahasa selain bahasa mesin yang memerlukan penerjemahan ke dalam kode mesin sebelum mereka dapat dijalankan. Ketika diterjemahkan program seperti itu akan mengandalkan pada fasilitas sistem operasi yang mendasari maupun instruksi-instruksi mesin mereka sendiri.
7.      Applications Layer
Adalah bahasa komputer seperti yang dilihat oleh end-user.


2.3         Manfaat Arsitektur Komputer

  1. Membangun sebuah sistem komputer yang sesuai dengan fungsinya
Tujuan pertama dari mempelajari arsitektur komputer adalah agar kita bisa merancang dan juga membangun sebuah sistem komputer sesuai dengan fungsi dan kegunaannya dengan tepat. Arsitektur komputer dapat diibaratkan sebagai sebuah blueprint dari komputer.
Dengan adanya blueprint ini, maka kita dapat melakukan analisis terhadap fungsi dan juga kegunaan dari komputer, sehingga kita dapat merancang dan juga membangun sebuah komputer yang memiliki fungsi dan juga kegunaan yang tepat sasaran, sesuai dengan keinginan setiap user.
  1. Mengetahui bagaimana alur dan pola dari proses pembacaan data yang digunakan komputer
Dengan mempelajari arsitektur komputer, maka kita akan mengetahui pola dan juga alur yang dimiliki oleh sebuah komputer dalam melakukan proses pembacaan dan juga pengolahan data. Hal ini akan sangat berguna, terutama ketika kita ingin mengembangakn komputer menjadi lebih cepat dan juga meningkatkan fungsionalitas dari komputer itu sendiri.
  1. Mampu melakukan perbaikan dan maintenance pada komputer
Dengan mempelajari arsitektur komputer, maka kita akan menjadi lebih mudah dalam melakukan maintenance. Apabila kita sudah mengetahui arsitektur komputer yang digunakan, mak akita akan menjadi lebih mudah dalam mencari pemecahan masalah dari komputer tersebut.
  1. Dapat mengembangkan sistem komputer yang teritegrasi pada perangkat lunak atau perankat keras komputer
Sistem komputer pun juga bisa kita kembangkan menjadi lebih baik lagi, terutama apabila kita memahami arsitekturalnya. Kita akan mengetahui kelemahan dan juga kelebihan dari sistem komputer tersebut, sesuai dengan arsitektur yang digunakan. Karena itu, penting sekali untuk mempelajari arsitektural komputer untuk dapat mengembangkan komputer menjadi lebih baik lagi.
  1. Meningkatkan efisiensi dari sistem komputer
Dengan memahami arsitektural dari sebuah komputer, maka kita akan bisa melakukan peningkatan efisiensi dari sebuah sistem komputer. Hal ini sangat berpengaruh pada bagamaimana suatu sistem komputer bekerja. Berbeda arsitektur, maka berbeda pula kelebihan dan kekurangan komputer tersebut. Maka dari itu, kita pun harus paham mengenai arsitektur komputer yang digunakan.



BAB 3
PENUTUP

3.1         Kesimpulan

Tingkatan dasar arsitektur komputer ada 7, yaitu : Physical  Device Layer, Digital Logic Layer, Microprogrammed Layer, Machine Layer, Operating System Layer, Higher Order Software Layer, Applications Layer.
Manfaat Arsitektur Komputer
1.      Membangun sebuah sistem komputer yang sesuai dengan fungsinya
2.      Mengetahui bagaimana alur dan pola dari proses pembacaan data yang digunakan komputer
3.      Mampu melakukan perbaikan dan maintenance pada komputer
4.      Dapat mengembangkan sistem komputer yang teritegrasi pada perangkat lunak atau perankat keras komputer
5.      Meningkatkan efisiensi dari sistem komputer

3.2         Saran-saran

Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata sempurna, kedepannya penulis akan lebih fokus dan details dalam menjelaskan tentang makalah di atas dengan sumber - sumber yang lebih banyak yang tentunya dapat di pertanggung jawabkan.
Untuk saran bisa berisi kritik atau saran terhadap penulisan juga bisa untuk menanggapi terhadap kesimpulan dari bahasan makalah yang telah di jelaskan. Untuk bagian terakhir dari makalah adalah daftar pustaka. Pada kesempatan lain akan saya jelaskan tentang daftar pustaka makalah.

DAFTAR PUSTAKA

Contoh makalah Arsitektur Komputer, di akses  pada tanggal  20 oktober 2018. http://makulku.blogspot.com/2012/06/contoh-makalah-arsitektur-komputer.html
Kadir, Ahmad. Contoh Makalah Struktur Organisasi Komputer, di akses pada tanggal 20 oktober 2018. http://kaholeo.blogspot.com/2014/04/contoh-makalah-struktur-organisasi.html
Abdurrahman, Solekhudin. Makalah Arsitektur Komputer,  di akses pada tanggal 20 oktober 2018. http://liverpool007.blogspot.com/2009/07/makalah-arsitektur-komputer.html
Pengertian dan Fungsi Processor, di akses pada tanggal 20 oktober 2018. http://www.terwujud.com/2014/06/pengertian-dan-fungsi-processor.html
Lukman, Sukmanto. Komunikasi Data dan Jaringan Komputer, di akses pada tanggal 20 oktober 2018. https://sukmantolukman.wordpress.com/kelas-on-line/komunikasi-data-dan-jaringan-komputer/
Arsitektur komputer, di akses pada tanggal 20 oktober 2018. https://muhamadsyani.wordpress.com/2012/12/28/arsitektur-komputer/
Comxero, Andy. Pengertian Memori Komputer, di akses pada tanggal 20 oktober 2018. http://com-xerocool.blogspot.com/2012/01/pengertian-memori.html
Ardiansyah, Deva. Pengertian Input Device (unit masukan) Komputer dan Macam-macamnya, di akses pada tanggal 20 oktober 2018. http://pakdevakeren.blogspot.com/2013/08/pengertian-input-device-unit-masukan.html

Komentar

Postingan Populer